Sabtu, 21 Maret 2015

HARMONIKA

Hasil gambar untuk harmonika


HARMONIKA
Harmonika adalah salah satu alat musik tiup. Cara memainkan alat musik ini adalah dengan meniup dan menghisap lubang untuk menghasilkan suara. Harmonika berasal dari alat musik tradisional Cina yang bernama 'Sheng'. Alat musik tradisional tersebut telah digunakan sekitar 5000 tahun yang lalu, tepatnya sejak kekaisaran Nyu-kwa.
Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horizontal dengan model yang sederhana dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.
Model awal dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan disempurnakan menjadi lebih baik. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern. Pada tahun 1826 ia mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan yang dihisap. Pada akhirnya, nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonis dan merupakan nada standard harmonika.
Bisnis instrumen Harmonika dimulai pada tahun 1857 saat pengrajin jam Jerman bernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika. Dengan bantuan dari keluarganya, ia dapat memproduksi 650 harmonika tahun itu. Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada 1862 sebuah langkah yang membawa pabrikan Hohner menjadi produsen nomor satu untuk harmonika. Pada 1887 Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonika per tahunnya. Sekarang, Hohner telah memproduksi lebih dari 90 model harmonika yang berbeda jenis, nada, dan model. Yang memungkinkan untuk memainkan berbagai macam gaya musik mulai dari popbluesrockcountry, ska dan bermacam-macam lainnya.

JENIS-JENIS HARMONIKA
Buat kita penyuka musik blues dan country, mungkin enggak asing lagi sama yang namanya harmonica.  Harmonica  adalah sebuah alat musik tiup kecil yang mengeluarkan suara khas ala musik cowboy. Cara memainkanya cukup simpel dengan cara ditiup atau disedot, tentunya tidak asal tiup dan sedot ya. Ada banyak teknik memainkan harmonicajuga yang musti kita pelajari. Harmonica juga memiliki banyak jenis yang beragam, berikut ini ada beberapa macam jenis harmonica yang mungkin bisa jadi pilihan kamu para pemula.
1.    Chord Harp
Ini bisa dibilang harmonica paling gede plus paling banyak memiliki chord yang masing masing dibedakan dari lubang tiup dan lubang sedot.Harmonica ini termasuk edisi khusus untuk pemain classic atauharmonica group.
2.    Tremolo dan Echo Harp
Sesuai dengan namanya harmonica ini memberikan efek gema atau berulang pada nada yang kita mainkan, umumnya harmonica jenis ini memiliki 12 semitone
3.    Chromatic Harp
Bentuknya sudah jelas kelihatan beda karena harmonica ini memiliki tombol di samping. Tombol tersebut berguna  untuk menggeser slidepenutup lobang yang ada untuk menghasilkan nada-nada cres. Contohnya di lobang nomer 3 itu bunyinya C berarti kalo kita tekan tombol itu maka bunyinya bisa jadi C# atau Db. Biasanya dipakai buat mengiringi jenis musik pop, jazz, dan classic.
4.     Diatonic Harp
Seperti yang ada digambar, diatonic bentuknya seperti itu. Punya 10 lubang, dan harmonica ini punya modal richter-tuned yang artinya memungkinkan kita untuk memainkan 1 kunci harmonica di beberapachord yang berbeda. Biasanya dipakai untuk mengiringi jenis musik blues, country, dan folk, tapi ga menutup kemungkinan juga bisa diterapkan kejazz ataupun classic.
Udah lihat kan beberapa jenis harmonica yang pastinya kece-kece ini, nah sekarang selamat memilih harmonica  yang paling sesuai dengan karakter suara yang kalian inginkan. Keep calm and play harmonica louder as you can be!!!Cheers
MENGENAL KUNCI-KUNCI HARMONIKA
#Chord harp
Hasil gambar untuk kunci harmonika chord harp
#Tremolo&echo harp
Hasil gambar untuk kunci-kunci harmonika
#chromatic harp
Hasil gambar untuk kunci harmonika chromatic harp
#Diatonic harp
Hasil gambar untuk kunci harmonika diatonic harp

Harmonika alat musik yang simple dan mudah untuk di bawa . Walau pun kecil tetapi bisa mengeluarkan suara yang luar biasa dan indah serta mampu membuat pebedaan dalam permainan musik,semau nya akan ibergairah di alunan suara harminika itu sendiri .
Semoga mudah di pahami dalam pembelajaran dan mengenal harmonika.....Thankkss

Tidak ada komentar:

Posting Komentar